CD
Anov Blues One
Anov Blues One
Catalogue No : DIMI 670
Release : 04/26/2019
Format : CD
Genre : Blues
Price : 25000
Gitaris blues alat-alat rumah tangga Anov Blues One telah merilis album debutnya (self titled) di platform musik digital tanggal 22 Februari 2019. Anov adalah seorang gitaris blues yang kerap membuat alat musiknya sendiri dari perkakas rumah tangga seperti dari panci, cangkul, kaleng wafer, kotak kayu jati, dan lain-lain. Album ini diproduseri oleh Aziz Comi, yang dikenal sebagai pemain bass band Payung Teduh. Comi dibantu oleh Servo Avo, sahabatnya sejak kecil sebagai co-producer dalam pengerjaan album tersebut.
 
 
Ciri khas album ini adalah musik bluesnya yang sederhana serta instrumen gitar yang dibuat dari kayu cangkul, panci, dan alat-alat rumah tangga lainnya. Misi dari album ini adalah untuk menyebarkan ide bahwa menciptakan musik juga bisa menggunakan alat-alat yang sederhana dan murah namun tetap terdengar indah, manis, dan bluesy. Ide dari penggunaan alat-alat rumah tangga ini berasal dari sejarah musisi-musisi blues jaman perbudakan di Amerika Serikat yang menggunakan alat-alat sederhana seperti karet ban yang diikatkan ke kayu, bottleneck guitar, harmonica, dan lain-lain. 
 
 
Comi dan Avo sebagai produser dan co-produser juga merangkap sebagai musisi di album ini. Comi mengisi di beberapa lagu dengan bass akustik dan elektriknya, sedangkan Avo yang berasal dari komunitas beatbox mengisi ritmik dan scratch dengan keahlian beatboxnya. Album ini juga dibantu oleh Ollan Sabar yang meminjamkan suara lantangnya di beberapa lagu seperti Boskin, Botol, dan Jangan Sampai Gila. Bagian drum diisi oleh teman sepermainan mereka yaitu Sharfan, sedangkan keyboard di lagu Lukisan Hati diisi oleh Didit. 
 
 
Album ini berawal dari keinginan Anov yang ingin muncul kembali di industri musik tanah air setelah sempat sebelumnya vakum dari bermusik setelah beberapa tahun. Akhir 2017 ketika Comi berencana untuk beristirahat sebentar dari Payung Teduh, dimanfaatkan oleh Anov untuk mengajak Comi untuk berkarya sebagai produser. Comi kemudian mengajak sahabatnya sejak kecil, Avo, untuk menjadi co-produser di album tersebut. Comi memilih 11 dari belasan lagu yang ditulis Anov untuk dimasukkan album perdananya. 11 lagu ini dipilih karena karakteristik lagu-lagunya yang berbeda-beda dan variatif namun masih memiliki feel blues, agar para pendengar tidak bosan dalam mendengarkannya.