Zirah: Kuartet Rock yang Siap Meletup dan Menggigit

Personel: Alyssa Isnan (vokal), Anissa Yasmin (bass), Raissa Faranda (gitar), dan Talitha Mailangkay (drum).

Riwayat Singkat : “Zirah terbentuk setelah Rai pulang dari Bali. Awalnya, Yasmin ngajak Aly untuk bikin band di tahun 2016, kemudian Yasmin mengajak Rai di tahun 2017, tapi Rai harus ke Bali untuk menyelesaikan sekolahnya. Lalu disambung dengan Yasmin mengajak Talitha untuk mengisi posisi drum. Sepulangnya Rai ke Jakarta, kami langsung mencoba latihan bersama dan menentukan nama,” tutur mereka kepada Siasat Partikelir. Penampilan pertama mereka terjadi di Coffeewar pada bulan Oktober 2018, dilanjutkan dengan menjadi pembuka tur The Brandals dan live set di Record Store Day 2019. Nama Zirah mulai dikenal banyak orang berkat debut single “Pusaka Pertiwi” yang diluncurkan sejak bulan Juni 2019.

Senandung Masuk Angin: Single “Pusaka Pertiwi” direkam di Pots Studio dibantu Firas Raditya (Rachun, The Sidhartas) sebagai sound engineer. Meskipun judul lagu ini terkesan serius, namun sebetulnya “Pusaka Pertiwi” itu bercerita tentang fenomena masuk angin, penyakit yang umum dialami orang Indonesia, dan Minyak Tawon. Pengalaman ini dialami oleh drummer Talitha Mailangkay, yang kerap melakukan perjalanan malam menggunakan ojek online dengan jaket tipis. Gadis yang mengaku pola makannya tidak teratur itu kerap masuk angin, lantas menemukan solusinya pada sebotol Minyak Tawon. “Minyak Tawon adalah pusaka Ibu Pertiwi dalam sebuah botol,” tegasnya.

Mengalir di Studio: Menurut mereka, proses penggarapan mini albumnya berjalan secara mengalir. “Berawal dari temen kita, Firas suruh rekam aja pas latihan biar kita bisa denger sendiri kita tuh mainnya gimana. Terus akhirnya malah ya udah rekaman beneran aja, dan itu menuju mau main jadi pembuka di salah satu tur-nya The Brandals,” ungkap mereka. Alhasil, sesi rekaman tersebut jadi sedikit menegangkan. Semuanya berjalan secara live recording, kecuali untuk vokal dan beberapa bagian bass dan gitar ada yang di-take ulang. “Sembari produksi musiknya jalan, artwork juga jalan. Sesi foto sama Jazlyn Melody dan Nito Daffa juga nggak yang terlalu dipikirin panjang, yang penting jalan aja, begitu juga dengan video klip,” lanjutnya.

Diskografi: Pada 31 Januari 2020, Zirah menelurkan EP perdana bertajuk Zirah melalui label rekaman Pots. Mini album tersebut menguak opini setiap personel terhadap kondisi sekitar. Seperti Alyssa Isnan yang menulis “Kuasa”, Anissa Yasmin lewat “Merduka”, Raissa Faranda dengan “Siapa Kamu”, dan Talitha Mailangkay untuk “Pusaka Pertiwi”. Album Zirah telah diedarkan luas oleh demajors dalam format CD sejak 28 April 2020.

Apa Kata Media: “Tidak banyak perempuan di dalam skena rock di Indonesia. Dari era ‘60-an sampai hari ini, daftarnya pun tidaklah banyak. Ini mengapa kuartet rock seperti Zirah menjadi sangat spesial. Mereka seperti kembang di skena rock Ibukota. Menggoda, namun bisa juga menggigit. Ada sesuatu yang menarik di balik penampilan mereka. Seperti ada letupan energi yang tertahan, menunggu saat yang tepat untuk dikeluarkan.” – Pop Hari Ini.

Deskripsi Musik: Zirah mendeskripsikan musik mereka sebagai aib rock dengan artian hasil perkumpulan empat kepala dengan background yang berbeda-beda: “Karena kami belum ada panutan yang sama, jadi apa yang kami pahami masing-masing itu kami jadikan satu ketika di studio. Untuk liriknya, secara luas membahas isu yang sama, yaitu tentang persoalan sosial.”

Cocok Untuk Penggemar: Dara Puspita, Mooner, Bite, Boys Are Toys.

Media Sosial: Instagram | Spotify | YouTube

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →