Mari Menari dengan Hindia

Menari dengan Bayangan merupakan album studio pertama karya penyanyi dan penulis lagu Indonesia, Hindia. Album ini dirilis dalam versi digital pada tanggal 29 November 2019 melalui label rekaman Sun Eater. Sejak 10 Agustus 2020, album ini diedarkan oleh demajors dalam format CD.

Album ini didukung oleh tujuh lagu utama, yaitu “Evaluasi”, “Secukupnya”, “Jam Makan Siang”, “Belum Tidur”, “Membasuh”, “Dehidrasi”, dan “Apapun Yang Terjadi” dan menampilkan beberapa kolaborator, seperti Matter Mos, Petra Sihombing, Sal Priadi, Rara Sekar, Kamga, dan Natasha Udu.

Menari Dengan Bayangan terdiri dari 12 lagu dan 3 skit dari orang-orang terdekat Baskara. Berbeda dengan .Feast yang seolah-olah menjadi motor penggerak aksi massa di kalangan mahasiswa, Hindia justru menghadirkan Baskara sebagai sosok manusia yang biasa saja, yang punya rasa lelah, rasa tertekan, bahkan depresif.

Menurut ulasan Cultura, “Kontemplasi yang dibawakan oleh Hindia mengambil problematika yang sangat dekat dengan kita semua sebagai manusia. Namun lagu-lagu Hindia, bukanlah lagu-lagu yang mengutuk semua itu. Ia justru tak ubahnya sebagai pil yang begitu menenangkan, sebagai teman yang hadir di saat-saat rapuh dan bilang padamu, ‘aku juga, kamu gak sendirian, kok.’ Mungkin, itulah yang membuat para penggemarnya merasa terwakilkan, tersampaikan apa yang selama ini menjadi kegelisahan mereka.”

Sementara Anto Arief di situs Pop Hari Ini menulis, “Pertama menyimak album Menari Dengan Bayangan ini kesan yang ditangkap musiknya langsung mencengkram telinga kuat-kuat. Karena perpaduan bebunyian masinal dan akustik, groovy, menenangkan, dengan amarah secukupnya, dengan pemilihan lirik catchy panjang yang berserakan tapi terjaga dan berima, plus notasi vokal, cara bernyanyi yang unik.”

“Tidak berlebihan bila menyebut Hindia adalah angin segar untuk musik Indonesia. Terutama karena musiknya bisa menjadi corong untuk generasi muda di usia 20-an yang rentan stres/depresi,” lanjutnya. “Selain itu album ini juga mencontohkan bentuk komunikasi yang menarik bagaimana penggunaan media sosial dan Youtube yang baik bisa jadi sarana komunikasi dan menjalin engagement positif antara musisi dan pendengarnya secara langsung dan tanpa batas.”

Album ini bisa didapatkan melalui situs demajors.com, demajors App, maupun di seluruh jaringan (at)demajors.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →